Unud Gelar Workshop Sistem Pengolahan Limbah Cair Rumah Sakit Berbasis IoT

 Unud Gelar Workshop Sistem Pengolahan Limbah Cair Rumah Sakit Berbasis IoT
Digiqole ad

MANGUPURA – baliprawara.com

Limbah cair Rumah Sakit, perlu mendapat perhatian khusus agar tidak mencemari lingkungan. Salah Satunya dengan cara diolah kembali. 

Untuk itu, pihak Universitas Udayana (Unud), menggelar Workshop Sistem Pengolahan Limbah Cair Rumah Sakit Berbasis Internet of Think (IoT) bertempat di Ruang Pertemuan RS Unud, Senin 22 November 2021. 

Workshop dibuka oleh Direktur RS Unud Prof. Dr. dr. I Dewa Made Sukrama, M.Si, Sp.MK (K), dan dihadiri oleh Staf Kesling, PPI dan Teknisi RS Unud serta Mahasiswa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana. 

 

Ketua panitia Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST. MT.,M.Eng. menyampaikan bahwa workshop ini merupakan program transfer knowledge dari Earth Creative Co., Ltd. Jepang, ke Universitas Udayana. Yang mana dalam hal ini, RS Unud menerima hibah berupa alat pengolahan limbah cair berbasis Internet of Think (IoT) dari Earth Creative Co., Ltd. Jepang. 

Setelah alat dipasang diharapkan RS Unud dapat merawat alat tersebut dengan baik, untuk itu Direktur PT Earth Creative Indonesia Ahmad Rivai dan Dr. Eng. I Nyoman Sudi Parata dari YUICO memberikan pelatihan terkait teori dasar pengolahan limbah cair di Rumah Sakit berbasis IoT,” ucapnya.

Workshop ditutup setelah meninjau langsung alat ke IPAL RS untuk menunjukkan cara kerja alat dan cara pemeliharaannya.(MBP)


See also  Fakultas Ilmu Budaya Unud, Gelar Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Budaya

Berita Terkait