TPM Unwar Gelar Pengabdian Masyarakat di Banjar Teges Kawan Gianyar

 TPM Unwar Gelar Pengabdian Masyarakat di Banjar Teges Kawan Gianyar

GIANYAR –  baliprawara.com

Tim Pengabdian Masyarakat (TPM) Universitas Warmadewa kembali menggelar kegiatan pengabdian, melibatkan mahasiswa dan masyarakat. Kegiatan dilaksanakan di Banjar Teges Kawan Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan selama kurang lebih 6 bulan dari bulan Maret – September 2021 ini, digelar dalam bentuk pembuatan gambar master plan perencanaan dan penataan Tukad Mas di Lingkungan Banjar Teges Kawan Peliatan. Adapun tahap kegiatan ini antara lain, observasi lapangan guna melihat kondisi fisik dan pengukuran, kemudian dilakukan FGD (focus group discussion). Tahap selanjutnya adalah TPM akan membuat usulan gambar master plan penataan dan perencanaan Tukad Mas.

 

Tim pengabdian masyarakat terdiri dari tiga dosen Program Studi Arsitektur, sesuai dengan disiplin ilmu dalam bidang penataan dan perencanaan Arsitektur. Kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat untuk menciptakan ruang publik pinggir sungai yang ramah lingkungan dan anak.

Menurut dosen Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa, Putu Hartawan, ST , MT., pelaksanaan kegiatan pengabdian ini merupakan implementasi dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Selain melaksanakan kegiatan mengajar dan penelitian, seorang dosen juga dituntut untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk mensinergikan kemitraan antara perguruan tinggi dengan masyarakat serta menerapkan disiplin ilmu untuk masyarakat yang membutuhkan,” katanya, Rabu 27 Oktober 2021.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 10 orang, dengan tetap melaksanakan Protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan dan menggunak hand sanitizer di Area Tukad Mas Banjar Teges Kawan Peliatan. Hasil dari kegiatan ini nantinya adalah berupa gambar master plan perencanaan dan penataan yang nantinya dapat dipakai acuan untuk proses konstruksi dan juga mencari bantuan ke pemerintah ataupun swasta. (MBP)

See also  Fasi Gianyar Memasyarakatkan Olahraga Dirgantara 

 

Berita Terkait