Sosialisasi Prokes dan Pembagian Masker, Kapolsek Kuta Ajak Pedagang Pasar Bernyanyi 

Digiqole ad

MANGUPURA – baliprawara.com

Kawasan Pasar Ikan Kedonganan, Kecamatan Kuta, Badung, memang cukup tinggi mobilitas masyarakatnya. Pasalnya, pasar ikan terbesar di Bali ini, selain banyak nelayan yang datang dari luar Bali, aktivitas juga cukup ramai. Tentu kawasan ini menjadi rawan penularan dan penyebaran Covid-19.

Untuk itu, sebagai upaya mengingatkan kembali penerapan protokol kesehatan (prokes) ditengah masyarakat, Polsek Kuta menggelar kegiatan sosialisasi dan pembagian masker di Pasar Ikan Kedongan, Jumat (11/6/2021). Dengan menggandeng unsur terkait, sebanyak 500 masker bantuan dari Kementerian Perindustrian RI dibagikan kepada pedagang maupun pengunjung.

Kapolsek Kuta, Kompol I Nyoman Gatra yang turun langsung ke lokasi mengatakan kalau kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat di pasar Ikan Kedonganan, baik dari pendatang, pembeli atau pedagang untuk selalu taat prokes. Untuk membuat suasana lebih akrab, dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengundang pedagang atau pembeli untuk bernyanyi bersama, dengan menyanyikan lagu berjudul “Corona, kaya tak berguna”. Lagu ini merupakan ciptaan dari  Irjen Pol H Hamidin, mantan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur. “Lirik lagunya sangat mudah diingat, ini juga untuk mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap Covid-19,” katanya. 

Dikatakan Kompol Gatra, meski saat ini di Bali angka kasus Covid-19 sudah jauh menurun, namun pihaknya berharap kepada masyarakat agar tidak terlena dan mengajak semua pihak termasuk pihak keamanan, satgas Covid-19 maupun masyarakat, untuk terus berupaya menekan agar menuju titik nol. 

Tentunya dengan tujuan untuk bisa menuju green zone corridor. Sehingga arah pariwisata untuk dibuka, khususnya untuk di keluarga Kedonganan, bisa dilakukan. Dikatakan, kegiatan ini digelar di pasar Ikan Kedonganan, karena merupakan daerah paling rawan. Selain mobilitas masyarakat sangat tinggi, juga banyak nelayan dari luar yang masuk ke sana. “Untuk itu mari kita sadarkan agar masyarakat tetap waspada dan taat prokes. Untuk Bali, memang terjadi penurunan kasus positif Covid-19, sebanyak 36 persen. Namun demikian, kami berharap agar terus ditingkatkan lagi upaya untuk menekan kasus ini agar bisa mencapai zero kasus,” harap Kompol I Nyoman Gatra.

Selama sebulan terakhir, dalam upaya menekan kasus penyebaran Covid-19, di lingkungan Kecamatan Kuta, pihaknya juga sempat menggelar lomba bebas Covid antar kelurahan. Dari hasil evaluasi pelaksanaan lomba tersebut, untuk di kelurahan Kedonganan, diakuinya masih ada dua kasus positif Covid-19. “Untuk itu kami kembali mengingatkan masyarakat agar tidak terlena. Terlebih masyarakat di pasar Ikan Kedonganan sangat rentan dengan mobilitas baik yang dari luar, maupun nelayan,” ajaknya. (MBP1)

READ  Bersama-sama Memutar Kembali Roda Perekonomian Bali, Melalui Bazar Akhir Pekan

Berita Terkait