“RATNA” Karya Inovasi Mahasiswa dan Dosen FT Unud Siap Bantu Tenaga Medis

 “RATNA” Karya Inovasi Mahasiswa dan Dosen FT Unud Siap Bantu Tenaga Medis
Digiqole ad

MANGUPURA – baliprawara.com

Dekan Fakultas Teknik Unud yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik menyerahkan Robot Asisten Udayana  atau disingkat RATNA, kepada Rektor Unud di lobi Poliklinik RS PTN Unud, Rabu (29/7). Turut hadir dalam acara penyerahan ini Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FT, Dosen Pembimbing dan Mahasiswa perancang Robot “RATNA” serta Direktur RS Unud beserta jajaran.

Dalam penyerahan tersebut, Wakil Dekan I FT Unud I Ketut Sudarsana, Ph.D menyampaikan Robot “RATNA” ini merupakan hasil tindak lanjut penugasan Rektor Unud kepada Fakultas Teknik untuk membuat inovasi yang dapat membantu tenaga medis dalam penanganan pasien Covid-19. Robot ini kata dia dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remote control dan dilengkapi monitor untuk komunikasi. 

Adapun fungsi dari Robot ini yakni dapat digunakan untuk mengukur tensi dan suhu tubuh serta dilengkapi hand sanitizer otomatis dan layar untuk komunikasi tenaga medis dengan pasien, sehingga dapat mengurangi kontak langsung. Di samping itu Robot ini juga dilengkapi dengan alat yang berfungsi mensterilkan ruangan menggunakan sinar ultraviolet.

Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas inovasi yang telah dihasilkan civitas akademika Fakultas Teknik Unud. Robot ini diharapkan dapat membantu tenaga medis menangani pasien Covid-19 tanpa melakukan kontak langsung, sehingga dapat mengurangi resiko terpapar virus. “Kami berharap para mahasiswa dan dosen terus berinovasi untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor secara langsung menyerahkan Robot “RATNA” kepada Direktur RS Unud agar dapat segera dimanfaatkan. Direktur RS Unud Prof. Dewa Putu Gde Purwa Samatra memberikan apresiasinya atas karya inovatif ini, yang sangat bermanfaat untuk membantu dan melindungi tenaga medis dalam penanganan pasien Covid-19. “Robot ini juga sangat bermanfaat untuk mensterilkan ruangan melalui fitur yang dimiliki,” ujarnya. (MBP1)

See also  Vaksinasi Tuntas, DTW Uluwatu Siap Menyambut Kunjungan Wisatawan Internasional

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.