Prodi Ilmu Komunikasi 2018 FISIP Unud, Gandeng Wijaya Farm Indonesia Gelar “HULU HILIR”

 Prodi Ilmu Komunikasi 2018 FISIP Unud, Gandeng Wijaya Farm Indonesia Gelar “HULU HILIR”
Digiqole ad

DENPASAR – baliprawara.com

Sebelum adanya pandemi Covid-19 petani lokal Bali memiliki hilirisasi  pertanian ke sektor pariwisata. Kemudian, ketika awal pandemi Covid-19, hasil panen lokal  yang biasanya dapat diperjualbelikan terpaksa dijadikan pakan ternak karena tidak terserap  pasar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak yang terjadi pada  sektor pertanian di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi ialah melalui konsep agro sociopreneurship. 

Pada tahun 2020, ditengah pandemi Covid-19 Wijaya Farm Indonesia hadir sebagai fasilitator sekaligus marketer antara petani dan masyarakat bali. Wijaya Farm  Indonesia melakukan strategi dalam mendistribusikan hasil pangan lokal di Bali, salah satu  strategi yang dilakukan oleh Wijaya Farm Indonesia ialah merealisasikan sistem antar sayur hasil panen petani lokal di Bali dengan menggunakan sistem antar sayur door to door. Sistem ini dilakukan dengan tujuan agar hasil panen petani lokal dapat dihilirisasi kepada masyarakat, namun masih memperhatikan protokol kesehatan, yakni physical distancing.  

Maka dari itu mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi 2018, Fakultas Ilmu Sosial dan  Ilmu Politik (FISIP), Universitas Udayana (Unud) berkolaborasi dengan Wijaya Farm Indonesia mengadakan  kegiatan “HULU HILIR”, yakni sebuah kolaborasi awal tanpa akhir untuk mendukung petani  dan pangan lokal. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak generasi muda untuk mendukung  petani dan pangan lokal serta memperkenalkan Wijaya Farm Indonesia sebagai fasilitator  sekaligus marketer bagi petani dan pangan lokal. Sasaran dari kegiatan ini ialah generasi  muda, hal ini dikarenakan generasi muda dapat menjadi fasilitator terhadap optimalisasi  potensi sektor pertanian dimasa depan. 

HULU HILIR dibagi menjadi dua kegiatan yaitu TikTok Challenge Wijaya Farm Indonesia yang dilaksanakan secara online dan special event HULU HILIR : Saturday Trip with Wijaya Farm Indonesia. Special event akan dilaksanakan  pada Sabtu, 12 Juni 2021 berlokasi di Jl. Raya Baturiti-Bedugul, Br. Pekarangan,  Baturiti, Tabanan.

Special event Saturday Trip with Wijaya Farm Indonesia terdiri atas tiga rangkaian  yakni, mini collaboration, the farm game, wijaya farm’s kitchen.  

Sedangkan pra event yang dilaksanakan adalah TikTok Challenge Wijaya Farm Indonesia  yang dimulai dari tanggal 10 Mei – 3 Juni 2021. Peserta akan membuat video berdurasi 30  sampai 60 detik, berupa video pengolahan sayur atau buah dan akan diunggah ke akun  TikTok pribadi peserta dengan caption ajakan untuk memberikan dukungan kepada petani  dan pangan lokal.  (MBP)

READ  DKD Bali Gelar Sidparda, Ajang Melatih Sikap dan Pola Kepemimpinan

Berita Terkait