PPKM Level 4 Kembali Diperpanjang Hingga Tanggal 2 Agustus 2021

 PPKM Level 4 Kembali Diperpanjang Hingga Tanggal 2 Agustus 2021

Presiden RI Joko Widodo

Digiqole ad

DENPASAR – baliprawara.com

Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, ekonomi, dan dinamika sosial, Presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya memutuskan untuk melanjutkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Keputusan Ini akan berlaku dari 26 Juli hingga 2 Agustus. 

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan PPKM Level 4 dari 26 Juli hingga 2 Agustus,” kata Presiden dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu 25 Juli 2021. 

 

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan kalau selama ini, sudah terjadi perbaikan terhadap penanganan pandemi. Yang mana, laju penambahan kasus, BOR, positivity rate sudah menunjukkan penurunan. Meski demikian, pihaknya kembali mengingatkan bahwa, semua pihak harus tetap waspada dalam menghadapi varian delta yang sangat menular. Untuk itu tetap harus waspada. 

Dengan perpanjangan PPKM ini lanjut dia, akan ada penyesuaian terkait aturan dan mobilitas masyarakat secara bertahap dengan pelaksanaan yang berhati-hati. Antara lain pasar rakyat yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan untuk buka sampai pukul 20.00. Begitu juga pasar tradisional selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yang pengaturannya akan ditetapkan oleh pemerintah daerah.

 

“Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen penjual voucher, pangkas rambut, penatu (laundry), pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lainnya yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturannya juga akan diatur oleh pemerintah daerah,” ucapnya.

Selain itu, warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 21.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit. (MBP1)

See also  Meski Kasus Menurun, PPKM Kembali Diperpanjang Hingga 23 Agustus

 

Berita Terkait