PKM Jurusan Akuntansi dan Teknik Mesin PNB di Kesiman Kertalangu, Beri Penguatan BUMDesa Berbasis Transaksi Digital

 PKM Jurusan Akuntansi dan Teknik Mesin PNB di Kesiman Kertalangu, Beri Penguatan BUMDesa Berbasis Transaksi Digital

Jurusan Akuntansi, dan Teknik Mesin PNB gelar PKM di Kesiman Kertalangu, dengan materi penguatan BUMDesa berbasis transaksi digital.

Digiqole ad

DENPASAR – baliprawara.com

Jurusan Akuntansi dan Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali (PNB) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Badan Usaha Milik Desa (BUMdesa) Kerta Sari Utama (KSU) Kertalangu, Denpasar. Kegiatan yang digelar selama dua hari dari tanggal 10-11 Juli 2021 ini, mengambil tema Penguatan Kelembagaan BUMDesa Berbasis Transaksi Digital di Desa Kesiman Kertalangu Kecamatan Denpasar Timur.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan sebagai kontrol dan pembinaan kegiatan BUMDesa, sehingga BUMDesa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu Desa Kesiman Kertalangu menjadi pionir Provinsi Bali dalam lomba Desa dan Usaha BUMDesa Kerta Sari Utama tingkat Nasional, sehingga diperlukan kerjasama dengan perguruan tinggi pendampingan dan pembinaan, agar BUMDEsa KSU menjadi lebih profesional dalam pengelolaan unit-unit usahanya.

Menurut Ketua pelaksana kegiatan Dr. Dra. Ni Nyoman Aryaningsih,MM., kecermatan dan ketelitian dalam pengaturan keuangan akan dapat meningkatkan efisiensi rumah tangga melalui transaksi digital. Metoda pendekatan aplikasi teori dan praktek untuk pengembangan BUMdesa KSU diperlukan kerjasama antara Perguruan Tinggi Vokasi dengan menyediakan waktu training/praktek entrepreneur.

Lebih lanjut dikatakan, cara menyiasati transaksi digital agar masyarakat terpengaruh agar transaksi digital memberikan manfaat kepada masyarakat dapat dilakukan dengan melibatkan generasi milenial pada setiap rumah tangga. Sehingga masyarakat yang dewasa dapat mempergunakan teknologi dengan baik. Selain itu, melibatkan generasi milenial pada setiap rumah tangga, memberikan training of trainer kepada generasi milenial. Sehingga persaingan harga akan lebih murah dari pesaingnya sebagai ciri pelayanan BUMdesa kepada masyarakatnya.

“Demikian pula pelayanan cepat melalui aplikasi ‘bumdesku kerta sari utama’ ciri kualitas pelayanannya dan kemudian akan dikembangkan konsep aplikasi transaksi digital terpadu untuk meningkatkan hasil kinerja BUMdesa sehingga pendapatan Desa kesiman menjadi lebih baik,” katanya.

See also  Satgas Kelurahan Tonja, Sidak Jam Operasional Toko Saat Masa Pandemi Covid-19 

Pandangan senada juga diungkapkan oleh Direktur BUMDesa Kerta Sari Utama, I Wayan Temaja, ST.MT., bahwa kegiatan PKM diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pengelolaan BUMDesa KSU berbasis transaksi Digital untuk melakukan transaksi seiring dengan perkembangan transaksi digital dan untuk mengurangi risiko psikis saat kondisi pandemi Covid-19.

Menurutnya, kegiatan PKM ini juga sebagai kontrol dan pembinaan kegiatan BUMDesa, sehingga BUMDesa dapat tumbuh kembang menjadi lebih baik. “Kerjasama antara Politeknik Negeri Bali dan Desa Kesiman Kertalangu melalui kegiatan pengabdian penguatan kelembagaan BUMdesa KSU akan dapat membangun masyarakat modern dalam berteknologi dan diimbangi dengan mindset/pemahaman pengetahuan, dan spirit entrepreneurship serta perilaku ekonomi berwirausaha,” ucapnya.

Pada PKM ini, pemaparan dari beberapa Narasumber tentang Penguatan Kelembagaan Bumdesa dan potensi ekonomi usaha oleh Dr.Drs. I Nyoman Rasmen Adi, MS menjadi menarik untuk dikaji lebih lanjut. Kelembagaan BUMDesa memiliki peran penting sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Begitu juga Pemaparan tentang Pemahaman Transaksi Digital di Era Millennial oleh Dr.Christimulia P.T.,SE.SH.,MM, menjadi perhatian serius saat ini, apalagi adanya kondisi pandemic covid-19. BUMDesa sebagai sumber pendapatan Desa memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pengaturan dan Pengelolaan anggaran keuangan rumah tangga masyarakat secara individual hendaknya berpijak pada pengetahuan/kompetensi individu dan spirit entrepreneurship dalam membantu pengembangan Transaksi Digital terpadu di BUMDesa Kerta Sari Utama Kertalangu,” ucapnya.

Pembukaan Acara kegiatan PKM dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua Bumdesa Kerta Sari Utama, Narasumber dari UNDIKNAS, UNDHIRA, dan Tim Pendukung Pengabdian dari Jurusan Akuntansi dan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali. Kegiatan PKM dilaksanakan di Bumdesa Kerta Sari Utama (KSU) Kertalangu dipimpin oleh Ketua pelaksana Dr. Dra. Ni Nyoman Aryaningsih,MM., dengan anggota tim terdiri dari I Ketut Suwintana, ST.,MT. I Made Bagiada, SE., MSi.,Ak. I Nyoman Gede Suta Waisnawa, SST.,MT.

See also  Hilang Selama 5 Hari, Ketut Winas Akhirnya Ditemukan

Pemilihan lokasi kegiatan PKM dengan dasar pertimbangan bahwa Bumdesa KSU sebagai wilayah Urban Sprawl yang memiliki atribut area transition. BUMdesa KSU Memiliki 4 unit usaha, yaitu desa wisata, pengolahan sampah, pengelolaan parkir, dan toko umum untuk melayani kebutuhan masyarakat. KSU telah Menerapkan transaksi berorientasi digital untuk menghindari risiko moral hazard.
Pelaksanaan Kegiatan PKM pengabdian kepada masyarakat disambut dengan baik Kepala Desa Kesiman Kertalangu, I Made Suena ST. Dalam pelaksanaan kegiatan PKM pengabdian tersebut, kepala Desa Kesiman memberikan atensi terhadap kegiatan Tri Dharma perguruan Tinggi. (MBP1)

Berita Terkait