Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMKN 2  Negara, Diisi Dengan Edukasi Safety Riding

 Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMKN 2  Negara, Diisi Dengan Edukasi Safety Riding

Edukasi safety riding di SMKN 2 Negara, saat dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

DENPASAR – baliprawara.com

Pada masa pengenalan sekolah, siswa biasanya dilibatkan dalam kegiatan yang tujuannya untuk mengenalkan lebih dalam tentang lingkungan, kondisi, dan karakteristik sekolah. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi , semangat, perilaku positif dan cara belajar efektif kepada siswa baru. 

Salah satu agenda kegiatan yang dikolaborasi oleh Astra Motor, melalui team safety riding nya yakni memberikan seminar edukasi keselamatan berkendara kepada siswa baru di SMKN 2 Negara, yang merupakan salah satu sekolah binaan yang menerapkan kurikulum teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM) Astra Honda. Kegiatan yang bertepatan dengan masa MPLS ini, melibatkan 300 siswa kelas X yang dilaksanakan di aula sekolah.

Dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh team Safety Riding Instructor Ngurah Iswahyudi menjelaskan pelatihan dasar berkendara serta awareness ketika berkendara dan berada di jalan raya. Siswa baru tentunya akan lebih tertarik untuk menyimak materi yang diberikan karena pelatihan ini bertujuan agar siswa memahami pentingnya keselamatan dan teknik dasar berkendara serta mampu mengenali dan memprediksi bahaya.

 

Selain itu Filosofi Respect for Human Life dan 3 Joy dari Soichiro Honda di mana ada hubungan harmonis dengan Pembeli, Penjual, Pembuat (Perakit, manufaktur). Dua filosofi itu diturunkan menjadi 2 pendekatan Safety berupa Hardware (fitur2 keamanan pada sepeda motor) dan Software (edukasi ke masyarakat).

Pada kesempatan itu juga ditekankan mengenai Informasi bahwa penyebab kecelakaan di jalan 75% melibatkan sepeda motor di mana 58%-nya berada di rentang usia produktif yaitu 14-39 tahun. Ada 3 faktor penyebab kecelakaan: Manusia, Kendaraan, Lingkungan di mana 90%-nya disebabkan oleh Manusia.

Seluruh peserta yang hadir juga diingatkan bahwa sebelum berkendara hal-hal yang wajib diketahui yakni perlengkapan berkendara, pemeriksaan kendaraan sebelum berkendara, pemanasan 5-10 menit, 7 postur berkendara, postur berboncengan, teknik pengereman, menikung, serta memprediksi bahaya di jalan.

See also  PKT Berhasil Ajak Masyarakat Binaan Bangun Kemandirian Ekonomi

“Kehadiran kami dari team safety riding, semoga dapat memberikan informasi yang positif untuk siswa baru. Apalagi moment MPLS sangat bagus untuk Pemaparan materi #Cari Aman dengan penggunaan helm yang sangat penting untuk kalangan siswa.Disini kami wajibkan mereka untuk menggunakan helm SNI sebagai standar helm yang baik. Tidak hanya itu, perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman pun harus diperhatikan agar #Cari_Aman sampai tujuan,” ungkap Iswahyudi. (MBP)

 

Berita Terkait