Kodam IX/Udayana Gandeng Komunitas Sungai Watch Bersihkan Area Mangrove

 Kodam IX/Udayana Gandeng Komunitas Sungai Watch Bersihkan Area Mangrove
Digiqole ad

DENPASAR – baliprawara.com

Berawal dari keprihatinan akan sampah plastik di sungai dan pantai di Bali khususnya di wilayah Denpasar, menggugah sejumlah pihak. Salah satunya Komunitas Pecinta Lingkungan Sungai Watch.

Dengan didukung Kodam IX/Udayana, komunitas ini menggelar Karya Bakti Pembersihan Sungai dan Hutan Mangrove di Area Balai Pengelolaan Hutan Mangrove Wilayah I, Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, pada Jumat (11/6/2021). Kegiatan ini turut dihadiri Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

Asisten Teritorial Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Made Mahaparta pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa gagasan kegiatan ini atas keprihatinan kondisi sungai dan pantai di Bali yang tercemar sampah plastik.

“Sehingga dari keprihatinan itulah muncul ide untuk bersama-sama membersihkan sungai dan pantai termasuk mangrove, karena tidak mungkin pembersihan sampah-sampah tersebut hanya dilakukan oleh satu atau dua pihak saja. Kemudian kegiatan ini saya yakinkan akan dilaksanakan secara kontinyu tentunya dengan ritme dan kekuatan yang berbeda,” tegas Aster.

Lebih lanjut Aster menyampaikan bahwa sampah-sampah yang ada sekarang ini bukan karena kiriman dari luar pulau, namun kurangnya kesadaran warga dalam membuang sampah. Turut hadir bersama Pangdam diantaranya Kasdam IX/Udy, Kapoksahli Pangdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Wali Kota Denpasar, Founder Sungai Watch, para Asisten Kasdam IX/Udy, para Dan/Kabalakdam IX/Udy dan para tamu undangan lainnya serta diikuti juga oleh para Prajurit TNI dan berbagai organisasi/komunitas masyarakat lainnya. (MBP)

READ  Tak Ikuti Protokol Kesehatan, PUPR Kota Denpasar Sidak Pekerja Bangunan 

Berita Terkait