Karangasem Diguncang Gempabumi Tektonik M=3,9

 Karangasem Diguncang Gempabumi Tektonik M=3,9
Digiqole ad

DENPASAR – baliprawara.com

Wilayah Karangasem, Selasa (29/9) pukul 00.23.39 Wita, diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,9. Episenter terletak pada koordinat -8,21 LS dan 115,60 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 km Timur Laut Karangasem, Bali pada kedalaman 10 km.    

Menurut Plt. Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS., dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal aktif. Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Karangasem II-III MMI. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya melalui keterangan pers.

Lebih lanjut kata Taufik, hingga pukul 00.40 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas Gempabumi susulan. Kepada Masyarakat pihaknya mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. (MBP)

See also  Bule Polandia Tewas di Tulamben dengan Mulut Keluarkan Cairan

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.