Jurusan Akuntansi PNB Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Guwang Gianyar

 Jurusan Akuntansi PNB Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Guwang Gianyar

Pengabdian masyarakat yang digelar Jurusan Akuntansi PNB, di Desa Guwang, Gianyar, Jumat (3/12/2021).

Digiqole ad

GIANYAR – baliprawara.com

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali (PNB), melaksanakan Pengabdian Masyarakat yang bertempat di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Jumat 3 Desember 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Akuntansi PNB, Sekretaris Jurusan Akuntansi PNB, Ketua Unit Pengabdian PNB, Kepala Desa Guwang, Ketua serta pengurus BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Garuda Wisnu Prabawa di desa tersebut.

Pengabdian ini dilaksanakan melalui pelatihan oleh dua dosen Jurusan Akuntansi PNB yaitu, Dr. Nyoman Darmayasa, BKP., Ak., CA., CADE., CAAT., CPMA., CPA. yang mengangkat materi mengenai pelaporan keuangan BUMDes sesuai dengan PP No. 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa, serta  Wayan Hesadijaya Utthavi, SE., M.Si.Ak dengan materi aspek perpajakan BUMDes.

 

Kepada Desa Guwang, Drs. Anak Agung Alit, menyampaikan rasa terima kasih kepada tim Pengabdian Jurusan Akuntansi PNB karena pelatihan ini dirasa tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan BUMDes, yang memiliki peranan dalam membangun desa. Dalam pelaksanaan kegiatan pencatatan keuangan BUMDes masih dilakukan oleh staf baru yang masih perlu penyesuaian mengenai pelaporan keuangan BUMDes. 

Dengan adanya pelatihan ini, tentu dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan staf tentang akuntansi dan perpajakan terutama update mengenai pelaporan keuangan BUMDes dan aspek perpajakannya sesuai dengan PP No. 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa. 

 

Pihaknya berharap, setelah adanya pelatihan dalam pelaporan keuangan BUMDes dan aspek perpajakannya ini, pihak BUMDes dapat memahami dan menerapkan regulasi perpajakan. “Kami menyampaikan terima kasih kepada tim Pengabdian Jurusan Akuntansi PNB, karena pelatihan ini dirasa tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan BUMDes, yang memiliki peranan dalam membangun desa,” ucapnya.

See also  Paguyuban Santhi Cruk-cuk Punyah Dukung Gerakan Penanaman 10 Ribu Pohon

Untuk diketahui, BUMDes Garuda Wisnu Prabawa, memiliki beberapa unit usaha, yaitu Obyek Wisata Hidden Canyon, Warung Desa, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Jasa Samsat, dan Pamsimas. Saat ini, pihak BUMDes sedang mengupayakan untuk meningkatkan kompetensi pengurusnya dalam melaksanakan pencatatan keuangan serta pelaporan pajak sesuai dengan PP 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa. (MBP)


Berita Terkait