Guru Besar Ergonomi PNB, Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg., Terpilih Sebagai Ketua PEI Periode 2021-2024

 Guru Besar Ergonomi PNB, Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg., Terpilih Sebagai Ketua PEI Periode 2021-2024

Guru Besar Ergonomi PNB, Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg.

Digiqole ad

MANGUPURA – baliprawara.com

Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) menggelar perhelatan Seminar Internasional dan Kongres ke-9 yang diselenggarakan secara virtual. Kegiatan yang digelar tanggal 13-15 Juli 2021 ini, diikuti sebanyak 55% dari total 508 orang anggota aktif PEI. 

Pada Kongres ini, berhasil mengantarkan wanita kelahiran Pare-Kediri Tahun 1958 yaitu Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg., sebagai Ketua PEI periode 2021-2024 melalui pemungutan suara menggunakan Election buddy System. Ketua PEI terpilih yang diusung dari wilayah Bali NTB NTT (Bali Nusra) ini, merupakan Guru Besar Ergonomi dari Politeknik Negeri Bali dan Dosen tidak tetap di Program Magister dan Program Doktor Ergonomi-Fisiologi Kerja Universitas Udayana. Prof. Lilik merupakan alumni Program Magister dan Program Doktor Ergonomi-Fisiologi Kerja Universitas Udayana yang keduanya diselesaikan dengan predikat Cum Laude. 

 

Koordinator PEI wilayah Bali-Nusra Dr. M. Yusuf, S.Si., M.Erg mengatakan, sebelumnya, melalui penjaringan dari anggota PEI Korwil Bali Nusra, terpilih tiga kandidat calon ketua PEI. Yaitu Prof. Dr. Drs. I Made Sutajaya, M.Kes, dari Undiksha) Dr. dr. I Made Muliarta, M.Kes dari Universitas Udayana, dan Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg., dari Politeknik Negeri Bali. Dari kesepakatan, PEI wilayah Bali-Nusra akhirnya mengirimkan satu kandidat. “Kami sepakat mengirimkan satu kandidat untuk menjaga soliditas yaitu Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg.,” pungkas Korwil PEI Bali-Nusra yang juga dosen Politeknik Negeri Bali di Jurusan Teknik Mesin ini, melalui siaran persnya, Minggu 18 Juli 2021.

Lebih lanjut dikatakannya, keberhasilan PEI Wilayah Bali-Nusra mengusung kandidatnya menjadi Ketua PEI 2021-2024 ini, tidak lepas dari dorongan para Guru Besar dan Senior PEI Bali-Nusra. Diantaranya Prof. dr. I Dewa Putu Sutjana, PFK.,M.Erg, Prof. dr. Ketut Tirtayasa, MS.,AIF, Prof. Dr. dr. I Nyoman Adiputra, M.OH.,PFK, Prof. Dr.dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes. “Kita harus meneruskan apa yang telah dirintis dan diupayakan oleh almarhum Professor Adnyana Manuaba dan mari kita jayakan Ergonomi Indonesia. Kita ‘bangunkan’ teman-teman kita yang masih tertidur,” ucap salah seorang senior PEI, Prof. Sutjana di sela-sela pertemuan virtual saat penjaringan calon kandidat ketua PEI dari Wilayah Bali-Nusra. 

See also  Taati Prokes, Jangan Sampai Usaha Selama 8 Bulan Menjadi Sia-sia

 

Panitia penjaringan yang dimotori  oleh Dr. M. Yusuf, S.Si., M.Erg Korwil PEI Bali Nusra, Dr. dr. Iing, M.Erg Dosen FK Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Dr. dr. I Made Muliarta, M.Kes Dosen FK Universitas Udayana, Dr. Ir. Jacob M. Ratu, M. Kes dan ‪Dr. Luh Putu Ruliati, SKM.,M.Kes  Dosen FKM Universitas Nusa Cendana NTT berhasil memobilisasi Ergoers (sebutan untuk anggota PEI) wilayah Bali Nusra dan Jejaring Alumni S2-S3 Ergonomi Fisiologi Kerja Universitas Udayana yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia untuk solid mendukung Prof. Lilik.‬ Dengan bekal pendidikan ergonomi, pengalaman praktis, gelar Guru Besar bidang Ergonomi Fisiologi Kerja diyakini Prof. Lilik diharapkan mampu memimpin PEI untuk mewujudkan tujuan, visi-misi yang sudah ditetapkan yaitu membangun budaya ergonomi di berbagai bidang yang berujung pada peningkatan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.‬ 

Target jangka pendek yang urgensinya tinggi adalah meningkatkan  peran ergonomi dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19. Selain itu juga dalam rangka menjaga kondisi kerja tetap ENASE (Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien), khususnya untuk para tenaga kesehatan (nakes) yang sedang berjuang, sehingga tetap sehat dan mampu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.‬

 

Untuk diketahui, PEI merupakan wadah para akademisi dan praktisi dari berbagai sektor di Indonesia. Ketua PEI terpilih diharapkan mampu menggabungkan ergonomi sehingga lebih dikenal dan memberi banyak manfaat untuk masyarakat. Rangkaian acara kongres PEI 2021 dengan agenda inti pemilihan ketua PEI periode 2021-2024 di akhiri dengan serah terima jabatan dari ketua PEI sebelumnya Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D. (ITB) kepada Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg yang disaksikan sekitar 180 peserta kongres. Suasana kekeluargaan, perasaan senang dan haru nampak meliputi seluruh peserta yang hadir secara virtual dari seluruh Indonesia tersebut. (MBP)

See also  Kawal Penerapan SE No.1 Tahun 2021, Bandara Ngurah Rai Siapkan Dua Lokasi Layanan Rapid Tes

 

Berita Terkait