FKH Unud dan Dinas Pertanian Kab. Gianyar Vaksinasi PMK di Desa Batuan

 FKH Unud dan Dinas Pertanian Kab. Gianyar Vaksinasi PMK di Desa Batuan

GIANYAR – Baliprawara.com

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan Mahasiswa KKN PPM Universitas Udayana Periode XXV Tahun 2022 bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar melaksanakan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Batuan, Kabupaten Gianyar, Kamis  (25/07/2022).

Penyakit Mulut dan Kuku yang disebabkan oleh virus dari family Picornaviridae, ini rentan menyerang hewan berkuku belah. Pemberian vaksinasi ini dilakukan guna mencegah menyebarnya Penyakit Mulut dan Kuku di Indonesia, salah satunya di Bali.

Pemberian vaksinasi PMK ini dilaksanakan bersama dengan perwakilan dari pihak Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, drh. I Made Astawa bersama dengan beberapa rekannya.

Dengan diadakan vaksinasi ini diharapkan dapat membantu menekan penyebaran PMK yang menyerang hewan ternak di Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan tingkat pengetahuan peternak dan kewaspadaan terhadap penyebaran virus PMK.

 

Vaksinasi dilakukan di beberapa banjar yang ada di Desa Batuan seperti Banjar Lantangidung, Banjar Jeleka, Banjar Tengah, Banjar Bucuan, dan Banjar Gerih. Kegiatan vaksinasi merupakan kegiatan vaksinasi lanjutan hari ke-5 yang dilakukan di Kabupaten Gianyar yang juga dilakukan sehari sebelumnya di Desa Batubulan.

Dengan adanya pelaksanaan vaksinasi PMK gratis ini, banyak peternak yang berada di Desa Batuan merasa terbantu dan mendapat pengetahuan terkait PMK. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan dampak positif bagi para relawan yang merupakan mahasiswa dari FKH Universitas Udayana. Karena dengan diadakan kegiatan ini relawan dapat turut belajar dalam pengembangan diri dan menambah pengalaman mahasiswa KKN Universitas Udayana yang ikut serta juga merasa terbantu dan mendapat kesempatan untuk dapat memasukan kegiatan vaksinasi ini ke dalam program bantu yang termasuk dalam program kerja KKN PPM Periode XXV Tahun 2022 Universitas Udayana.

See also  BEM FKH Unud Sambut World Veterinary Day 2022, Dengan Serangkaian Lomba

Rangkaian vaksinasi PMK ini akan terus dilanjutkan secara menyeluruh di desa-desa lainnya berada di Kabupaten Gianyar dan di seluruh pulau Bali. (MBP/Unud.ac.id)

 

Berita Terkait