CSR Pertamina DPPU Ngurah Rai Berikan 10.000 Bibit Bunga Gumitir

 CSR Pertamina DPPU Ngurah Rai Berikan 10.000 Bibit Bunga Gumitir
Digiqole ad

DENPASAR – baliprawara.com

Pertamina (Persero) Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai, melakukan program CSR, di Subak Sembung Munduk Palak, Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara, Sabtu 15 Januari 2022. CSR kali ini berupa 10.000 bibit bunga gumitir (marigold), melalui Program Eco Edu Tourism Uma Palak Lestari, kepada Kelompok Tani Uma Palak Lestari, yang berjumlah 12 orang. Pemberian bibit ini, bertujuan untuk menambah penghasilan para perani dan juga menata kawasan pertanian sehingga menjadi lebih indah untuk dikunjungi.

Community Development Officer PT Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai, Dhita Hardiyanti Utami, mengatakan, penyerahan bibit bunga gumitir ini, adalah salah satu dari realisasi program Eco Edu Tourism Uma Palak Lestari. Program ini dilakukan sejak tahun 2020 yang dimulai dengan Konservasi Jalak Bali, Budidaya Maggot dan Kebun Gemitir. “Bibit bunga gumitir kami serahkan secara bertahap. Kenapa bunga gumitir, karena bunga ini mempunyai manfaat ekonomis yang tinggi. Bunga gumitir sangat diperlukan di Bali sebagai sarana dalam upakara,” katanya.

 

Dhita menambahkan, setelah ini akan dilanjutkan dengan penataan warung-warung yang ada disekitar wilayah Eco Edu Tourism Uma Palak Lestari, area parkir, budidaya lele dan terakhir akan dilakukan budidaya lebah trigona. “Setelah semua bibit bunga gumitir ini ditanam dan tumbuh dengan cantik, kita akan lakukan budidaya lebah trigona atau kele-kele. Kita juga tahu sendiri madu dari lebah trigona ini juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” tambahnya.

Sementara itu kepala lingkungan Banjar Tektek, I Ketut Yuliarta mengungkapkan rasa terimakasih yang sangat besar kepada PT. Pertamina DPPU Ngurah Rai, atas Program Eco Edu Tourism Uma Palak Lestari, kepada Kelompok Uma Palak Lestari yang ada di Subak Sembung Munduk Palak, Peguyangan ini. “Program ini sangat membawa dampak positif terhadap kami dan para penggarap lahan di dalamnya,” katanya.

See also  Bayi Hyena Lahir Pertama Kali di Bali Safari, Jessica Iskandar Beri Nama Mooi

Yuliarta juga meminta kedepan Pt. Pertamina DPPU Ngurah Rai, bisa membantu untuk pengadaan pengolahan sampah organik maupun non-organik. Selain untuk kebersihan lingkungan program pengelolaan sampah juga bisa membantu warga Banjar Tektek secara ekonomi juga.

“Satu titipan saya untuk PT. Pertamina, mohon kami dibantu pengelolaan sampah organik dan non organik” tutupnya. (MBP)

 


Berita Terkait