Angkat Penampilan Produksi dan Reproduksi Ayam Kampung, Puger Raih Gelar Doktor

 Angkat Penampilan Produksi dan Reproduksi Ayam Kampung, Puger Raih Gelar Doktor

DENPASAR – Baliprawara.com

Fakultas Peternakan Universitas Udayana, kembali melahirkan seorang Doktor di bidang Ilmu Peternakan, Antonius Wayan Puger merupakan Dosen Fakultas Peternakan Universitas Udayana, melalui ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Udayana Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, MS., IPU. Bertempat di Aula Pascasarjana Lt. 3 Universitas Udayana. Jl. PB. Sudirman Denpasar, Jumat (05/08/2022).

Tim Promotor terdiri dari Prof. Dr. Ir. I Gede Mahardika, MS., Prof. Dr. Ir. I Wayan Suarna, MS., dan Prof. Dr. Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si. Promosi Doktor ini menghadirkan 6 orang dosen penyanggah dan 4 orang dosen undangan akademik dari Fapet Unud. Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul “Pengaruh Tingkat Protein dalam Ransum Terhadap Penampilan Produksi dan Reproduksi Ayam Kampung”.

Hasil penelitian disertasi mendapatkan novelty : 1. Ayam kampung yang dipelihara dengan ransum mengandung protein rendah 14%, penampilan pertumbuhan, produksi dan reproduksi lebih rendah dan tidak mampu mengembalikan berat badan dengan cepat; 2. Pemberian protein tingkat 18% optimal ditinjau dari sudut pertumbuhan, produksi, reproduksi dan nilai ekonomisnya ” papar AW. Puger. 

Tujuannya dari penelitian yang dilakukan adalah : 1.mendapatkan tingkat protein optimal untuk pertumbuhan ayam kampung; 2. Mendapatkan tingkat protein optimal dalam ransum untuk produksi telur dan ; 3. Tingkat protein ransum mempengaruhi kecepatan recovery berat badan dan peneluran kembali pasca mengeram. (MBP/Unud.ac.id)

 

See also  Usai Tusuk Leher Istri Hingga Tewas, Pelaku Tikam Dada Sendiri Hingga Sekarat

Berita Terkait