Daerah News

Kelompok Anak Muda Tabanan Gaungkan Gerakan Mengumpulkan Buah Sisa Hari Raya untuk Pakan Monyet  

Spread the love

TABANAN – baliprawara.com

Sejak pandemi melanda, kunjungan wisata ke DTW Alas Kedaton turun drastis. Hal ini tentu berdampak pada keberadaan monyet yang menjadi ikon di kawasan tersebut. 

Untuk itu, kelompok anak muda Tabanan menggaungkan gerakan Good Karma Movement, Hometown Rebels dengan mengumpulkan buah sisa hari raya untuk diberikan kepada para monyet yang ada di Daerah Tujuan Wisata (DTW) Alas Kedaton. Dari buah sisa hari raya yang telah terkumpul, kelompok anak muda Tabanan langsung memberi pakan para monyet di Alas Kedaton. Buah ini mereka sebar mulai dari parkiran hingga di wahana bermain yang ada di areal Alas Kedaton. 

Salah seorang pemuda, I Nengah Wiranata asal Kediri, Tabanan mengatakan, dirinya bersama beberapa orang temannya tergerak untuk ikut aksi ini. Dengan alasan karena melihat unggahan dari akun Instagram @Handmad_campah yang mengajak untuk ikut peduli akan kondisi monyet yang ada di Alas Kedaton. “Saya bersama teman-teman langsung tergerak. Kami langsung kumpulkan buah sisa Galungan di rumah, bahkan mencari ke tetangga,” kata Wiranata atau yang akrab disapa Ninuk, minggu (18/04/2021).

Selain di Alas Kedaton kegiatan ini juga dilakukan di DTW Sangeh, Kabupaten Badung oleh komunitas dari 2 Stroke Pasemetonan Kuliner Bali. Menurut Putu Agus Adi Putra atau sering disapa Nang Etonk dari komunitas dari 2 Stroke Pasemetonan Kuliner Bali mengatakan, mereka datang ke Sangeh bersama 13 orang anggota komunitas. Pihaknya bersama anggota komunitas merasa kasihan pada monyet-monyet di kawasan tersebut. Karena selama pandemi, jumlah kunjungan wisatawan turun drastis bahkan hampir tidak ada. “Kasihan monyet-monyet disini, jatah makannya kurang. Masa pandemi tidak ada tamu. Kami harus peduli juga,” kata Nang Etonk.

Salah satu inisiator pergerakan ini Pan Dixie berharap dan mengajak Gerakan Good Karma Movement, Hometown Rebels ini bisa berlanjut terus di setiap daerah. Namun tidak terbatas di tempat ini saja. (MBP5)

READ  Dandim Jembrana : Deklarasi Damai Momentum Pilkada Berlangsung Aman

Related Posts