Ekonomi News

Tingkatkan Pelayanan kepada Konsumen, PDAM Badung Efektifkan Layanan “One Day Service”

Spread the love

MANGUPURA – baliprawara.com

Sebagai upaya untuk menekan keluhan pelanggan dan menekan kerugian, Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung, berupaya terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen dengan mengefektifkan layanan “One Day Service”. 

Direktur Teknik, Made Suarsa mengakui, selama ini tingkat kebocoran air di Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung masih cukup tinggi. Terakhir kata dia tingkat kebocoran di angka 43%. “Kami direksi baru sudah melakukan langkah- langkah yaitu menginventariskan persoalan sebelumnya, kemudian mengkoordinasikan dengan tim. Karena tidak semua kebocoran disebabkan oleh kebocoran teknis, tapi ada juga kebocoran administrasi karena ada ditemukan kilometer nol,” ungkap Suarsa, Selasa (6/4/2021), usai gathering bersama pers.

Lebih lanjut dikatakan, untuk menangani permasalahan tersebut, saat ini pihaknya sudah menggunakan sistem informasi IT. Sehingga dengan harapan dapat diketahui secara real seberapa besar kebocoran teknis  dan kebocoran administrasi. “Pada Februari dan Maret 2021, angka kebocoran sudah di bawah 40%,  sehingga sudah mengalami perbaikan. Kami juga akan membentuk tim Non Revenue Water (NRW). Mereka nanti yang akan memilah kebocoran supaya real, sehingga kami tahu sebenarnya ‘sakitnya’ itu dimana dan bisa diambil langkah- langkah antisipasi,” terangnya. 

Suarsa berharap, di tahun ini kebocoran dapat ditekan sampai menyentuh 36-37%. Untuk itu lah dengan layanan One Day Service, apabila ada kebocoran, maka akan bisa ditangani tidak lebih dari sehari bahkan tidak lagi dilakukan penundaan perbaikan. “Hari ini bocor, hari itu juga sudah selesai. Sehingga air kami tidak banyak yang hilang dan masyarakat tidak banyak mengeluh. Di awal tahun ini kami lihat keluhan masyarakat sudah banyak berkurang karena tim teknis sudah sigap melakukan perbaikan kebocoran,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung, Made Sugita menambahkan, Gathering PDAM bersama pers rutin dilaksanakan tiap 6 bulan sekali. Melalui kegiatan ini, pihaknya melakukan koordinasi dan silaturahmi pada seluruh awak media yang selama ini turut mendukung di Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung.  “Peran media sangat penting dalam mempromosikan pelayanan dan hal lainnya yang terjadi di PDAM Badung. Kami berharap ke depan kerjasama semakin ditingkatkan dan saling mengingatkan apa yang wajib dan mesti dilakukan di PDAM Badung,” harapnya. (MBP1)

READ  Salurkan BLT-DD Tahap II, Bupati Giri Prasta Tekankan KPM Penerima Harus Sesuai Kriteria

Related Posts