News Pendidikan

Konsisten Pada Mutu Lulusan, SMK Pariwisata Dalung Gelar Uji Kompetensi Skema ASEAN

Spread the love

MANGUPURA – baliprawara.com

SMK Pariwisata Dalung (PRADA) kembali menunjukkan komitmennya dalam mempersiapkan calon-calon hotelier, melalui kegiatan Uji Kompetensi Sertifikasi (UK)  dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Kegiatan yang diperuntukkan bagi siswa kelas XII ini, SMK PRADA kembali menggandeng LSP-LPK Jaya Wisata International Hotel School (LSP-LPK JWIHS) sebagai pihak asesor. 

Selain  UKK dengan standar dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) juga sekaligus pelaksanaan UK dengan standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan ciri khusus sertifikat berlogo Garuda Emas. Sementara, skema yang digunakan adalah skema ASEAN, artinya siswa dipersiapkan untuk dapat bersaing dalam MEA.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Pariwisata Bali Dwipa, I Putu Gede Panca Wasidipa, SE., mengatakan, UK dan UKK yang dilaksanakan SMK PRADA ini, untuk siswa kelas XII dari Program Keahlian Perhotelan dan Tata Boga. Dengan jumlah 208 siswa, kegiatan ini sudah dimulai sejak 29 Maret -10 April 2021, di sekolah setempat. 

Lebih lanjut menurut Panca, pelaksanaan UKK dan UK ini merupakan salah satu bentuk konsistennya SMK PRADA dalam mempersiapkan calon hotelier yang siap bekerja di Industri Perhotelan. Yang mana, keuntungan memiliki sertifikasi profesi dari BNSP ini adalah sebagai sebuah bukti kuat bahwa memang berkompeten dalam profesi yang digeluti. “Itu juga memastikan bahwa siswa ini mempunyai kemampuan yang mumpuni sebagai seorang profesional,” katanya saat ditemui di sela kegiatan, Senin (5/4/2021).

Pihaknya mengatakan, UK Level ASEAN ini adalah sebagai bukti bahwa SMK PRADA konsisten dalam mempersiapkan peserta didik sesuai kompetensi keahliannya serta sangat memperhitungkan kualitas. Demikian pula, di tengah pandemi Covid-19 ini, meski dunia pendidikan sangat terpengaruh, namun SMK PRADA tetap berusaha mempertahankan mutu lulusan. SMK PRADA bahkan berani menggelar UK untuk siswa nya dengan Skema ASEAN. Dimana biasanya UK siswa SMK hanya menggunakan Skema Level II SMK/SKKNI.

Panca juga memaparkan bahwa, pelaksanaan UK adalah sebagai quality control dari pendidikan jenjang SMK. Bagaimana siswa digembleng selama 3 tahun akan dibuktikan dengan kompeten atau tidaknya siswa saat pelaksanaan Uji Kompetensi. “Sertifikasi yang dilaksanakan BNSP ini untuk mendapatkan Sertifikat BNSP Berlogo Garuda Emas, di mana Sertifikat Logo Garuda Emas memiliki ruang lingkup kompetensinya se-ASEAN, sehingga kemampuan kejuruan siswa siswi lulusan SMK Pariwisata Dalung bisa diterima di beberapa perusahaan besar di tingkat ASEAN maupun Global,” jelasnya.

Sementara, Kepala sekolah SMK PRADA, Ni Putu Trisnawati,S.Pd juga menjelaskan bahwa pilihan untuk menggunakan sertifikasi Level ASEAN adalah bukti nyata kepada masyarakat bahwa SMK PRADA “sing main-main”. Pihaknya ingin membuktikan kepada masyarakat, bagaimana hotelier dipersiapkan menjadi kompeten di SMK PRADA. “Orang tua atau keluarga yang akan mempersiapkan anaknya ke jenjang SMK khususnya bidang Pariwisata di Tahun Pelajaran 2021/2022 tidak perlu ragu lagi, silahkan bergabung dengan kami. Kami siap melatih siswa-siswi dengan kualitas yang bahkan bisa bersaing di ASEAN,” ajaknya. (MBP)

READ  Badung Ajukan 29 Ribu Pelaku UMKM Calon Penerima BPUM ke Kementerian Koperasi

Related Posts