Kesehatan News

Belasan Ribu Vaksin Tiba di Bali, Vaksinasi Akan Diprioritaskan untuk Daerah dengan Kasus Tertinggi

Spread the love

MANGUPURA – baliprawara.com

Pemerintah Provinsi Bali, Minggu (21/2) kembali mendapat kiriman vaksin Covid-19. Untuk tahap ke 4 ini, Bali mendapat jatah sebanyak 13.030 vial vaksin atau setara dengan 130.300 dosis yang mana 1 vial berisi sebanyak 10 dosis vaksin. Dengan tambahan vaksin ini, Bali yang sebelumnya sudah mendapat distribusi sebanyak 76,320 vial vaksin, saat ini total sudah mendapat sebanyak 89.350 vial vaksin.

Dari pantauan di Baseops Pangkalan TNI AU (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, vaksin sebanyak 13 ribu vial ini, dibungkus dalam 7 koli. Vaksin yang diangkut pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 438 Cengkareng-Denpasar ini, tiba di Bali pukul 09.48 wita. Seperti biasa, dalam proses pemindahan, pengawalan tetap dilakukan baik dari Pihak Kepolisian maupun TNI AU. 

Terkait kedatangan vaksin tambahan ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya mengatakan, untuk pendistribusian vaksin akan dilakukan Senin ini pada beberapa layanan kesehatan sekaligus. Pihaknya juga mempersiapkan siapa yang akan divaksin terlebih dahulu pada tahap kedua ini.  

Vaksin ini kata dia, nantinya akan diprioritaskan untuk masyarakat di Kota Denpasar, dikarenakan kasus positif Covid-19 tertinggi berada di Kota Denpasar. Diungkapkan, vaksin yang datang ini untuk sasaran kedua, termasuk lansia, TNI dan POLRI, pelayanan publik seperti di pasar, anggota DPR, wartawan dan pekerja pariwisata. 

“Denpasar dulu diselesaikan, nanti kan berikutnya datang lagi nanti baru di Kabupaten lain. Jadi bertahap diselesaikan pada tempat yang kasusnya terbanyak dulu. Vaksin besok (Senin-red) kita kirim ke faskes dan mungkin lagi dua hari kita lakukan layanan vaksinasi pertama di rumah sakit, Puskesmas, klinik-klinik kemudian pada kegiatan vaksinasi massal yang akan disiapkan di beberapa lokasi sesuai dengan sasaran. Termasuk juga pekerja pariwisata, buruh, pedagang pasar,” bebernya. (MBP1)

READ  Saat Bertemu Gubernur Koster, Dubes Austria Sebut Banyak Warga Eropa Ingin Bepergian ke Bali

Related Posts