Daerah News

Gempabumi Tektonik M=4,7 di Sumbawa Barat, Dirasakan Hingga Denpasar dan Badung

Spread the love

MANGUPURA – baliprawara.com

Wilayah Sumbawa Barat diguncang gempabumi tektonik, Minggu (14/2) pukul 07.39 Wita. Dari hasil analisa BMKG, menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat 8,92 LS dan 116,96 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km Tenggara – Sumbawa Barat – NTB,  pada kedalaman 10 km.

Menurut Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Rahardjo, SP., dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. “Hasil analisa mekanisme sumber menunjukan gempa ini diakibatkan oleh sesar geser (strike slip fault),” katanya dalam siaran persnya, Minggu pagi.

Pihaknya menjelaskan, akibat Gempabumi ini, berdasarkan laporan masyarakat, guncangan dirasakan di Sumbawa Barat, Mataram, Denpasar, Kuta Badung II MMI.  Hingga pukul 09:00 WITA, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” harapnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (MBP)

READ  KPU Denpasar Gelar  Webinar "Pilwali Kota Denpasar 9 Desember 2020 Di Tengah Pandemi Covid 19"

Related Posts