News Pendidikan

Dosen Unwar Gelar Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Wisata Carangsari

Spread the love

MANGUPURA – baliprawara.com

Dosen Universitas Warmadewa mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Wisata Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Kegiatan PKM ini mengambil tema :Penguatan Peran Aktif Masyarakat dalam Pengembangan Desa Carangsari menjadi Tujuan Desa Wisata Bersejarah (Historical Village Destination) di Kabupaten Badung’. Peserta pengabdian terdiri dari kepala desa beserta staf desa carangsari, perwakilan masyarakat desa carangsari, tim pengelola desa wisata carangsari, serta civitas akademika yaitu dosen dan mahasiswa fisip Universitas Warmadewa dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. 

Ketua Tim PKM I Gusti Agung Ayu Yuliartika Dewi, S.AP., MAP menyampaikan, Desa ini dipilih sebagai lokasi PKM tahun ini karena memiliki banyak potensi antara lain sebagai Desa Wisata (Tourism Village), Desa Budaya (Cultural Village) dan Desa Sejarah (Historical Village). Potensi sejarah desa wisata sangat menarik untuk dikembangkan mengingat di Bali belum ada desa wisata bersejarah. Yang mana, Desa Carangsari ini sudah dikenal sebagai tempat kelahiran pahlawan nasional asal bali I Gusti Ngurah Rai. Kemudian satu-satunya bandara internasional di Provinsi Bali juga menggunakan nama I Gusti Ngurah Rai. 

Tentu ini dapat menjadi daya tarik wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara untuk lebih mengenal tentang sejarah beliau dan menikmati paket wisata bersejarah di Desa Carangsari. Namun sayangnya potensi ini kurang mendapat perhatian dari masyarakat lokal, kurangnya peran aktif masyarakat dalam pengembangkan Desa Carangsari yang membuat desa ini hanya dikenal sebagai desa wisata dan budaya saja. 

Untuk itu perlu diadakan sosialisasi untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat terkait peran aktif masyarakat dalam pengembangan desa wisata. Materi sosialisasi mengenai pemberdayaan masyarakat dalam industri kreatif berbasis kearifan lokal disampaikan oleh narasumber Ida Bagus Gde Indra Wedhana Purba, SE., MM selaku Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa. Materi Destination Development and Management disampaikan oleh narasumber Ida Bagus Nama Rupa dari Director POD Bali Chocolate, dan untuk materi mengenai perkembangan desa wisata di Kabupaten Badung disampaikan oleh narasumber Ni Nyoman Ayu Hari Nalayani, A.Par., M.Par perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Badung. 

Selain sosialisasi diberikan pula bantuan kepada masyarakat berupa tempat cuci tangan permanen dan tempat sampah. Diharapkan kegiatan PKM ini dapat berguna untuk masyarakat Desa Carangsari agar dapat terus berkembang menjadi desa wisata bersejarah di Kabupaten Badung serta memberikan dampak yang baik dari segi sosial dan ekonomi. (MBP)

READ  Dua Hari Sepeda Motor Terparkir di Pantai Batu Belig, Diduga Pemilik Tenggelam

Related Posts